Cara Merubah Arus Kelistrikan dari AC ke DC dengan Saklar
AC ke DC dengan Saklar
Mematikan Fitur AHO (Automatic Headlight On)
Motor Vixion
dengan Saklar
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, halo daeng bro sekalian jumpa lagi dengan mank jempol motovlog, kali ini saya akan sharing tutorial bagaimana merubah arus AC ke DC, sekaligus mematikan fitur AHO dengan bantuan saklar, nah sebenarnya AHO itu pa sih ? untuk lebih jelasnya simak berikut ini
Baru-baru ini beberapa dari konsumen kami sempat mengeluhkan adanya fitur lampu utama pada motor produksi terbaru yang cenderung menyala terus menerus secara otomatis.
Hal ini sebenarnya dilakukan oleh para produsen motor di Indonesia, guna mendukung Safety Riding program sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 107 ayat 2 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang mengatakan bahwa: “Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.”
Bahkan untuk negara di kawasan Eropa, kebijakan serupa tentang AHO telah diberlakukan sejak 17 Juni 2003 (ACEM Commitment, Brussels, 20 Juli 2001).
Pengertian Fitur AHO
Fitur AHO (Automatic Headlight On) adalah fitur dimana lampu utama pada motor anda akan tetap menyala secara otomatis sejak mesin motor pertama kali dihidupkan.
Pada fitur ini, fungsi saklar pada kemudi kanan yang biasa digunakan untuk menyalakan lampu utama sengaja dihilangkan. Dan diganti dengan saklar dimmer untuk mengurangi suhu panas pada lampu depan.
Manfaat Fitur AHO
Sesuai dengan komitmen kami untuk turut menjamin keselamatan berkendara Anda sekaligus mendukung program pemerintah, menyalakan lampu pada siang hari pada dasarnya akan mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian pengendara yang tidak menyadari adanya kendaraan lain di depan dan di belakangnya.
Dengan adanya sinyal lampu yang diberikan, akan memudahkan pengendara lainnya untuk memahami kondisi lalu lintas sehingga dapat mengambil tindakan yang lebih aman.
Cara Merawat Lampu AHO
Jangan membersihkan kaca lampu depan saat kondisi lampu masih panas
Jangan menutup lampu depan pada saat lampu sedang menyala dengan penutup, misalnya kain, jas hujan dan lain-lain.
Jangan menyalakan lampu bedekatang dengan penghalang, misalnya pintu, tembok dan lain-lain.
Gunakan switch dimmer (lampu dim) secara bergantian agar lampu depan lewih awet karena panas dari lampu jauh dan lampu dekat akan menyebar dan tidak dalam satu lampu saja.
Sebagian ada juga yang beranggapan bahwa lampu utama yang menyala terus menerus cenderung menghabiskan aki dan berpotensi membakar mika pelindung lampu. Tetapi fitur ini sebenarnya telah dirancang sedemikian rupa oleh pihak produsen motor dengan memperhatikan pertimbangan dari berbagai sisi.
Komitmen Honda adalah menjamin keselamatan berkendara anda sekaligus mendukung program pemerintah.
Bisakah Kita Menonaktifkan Fitur AHO
Melakukan perubahan pada lampu motor Anda seperti menambahkan saklar on/off untuk mengatur sistem AHO tidak dianjurkan karena akan menghilangkan garansi kelistrikan pada motor anda. Selain itu, hal tersebut justru akan berdampak buruk pada motor anda terutama apabila anda salah memodifikasi sistem kelistrikannya.Apabila hal tersebut akan terjadi sistem konsleting yang mana akan berpengaruh pada sistem kelistrikan yang lain.
Jadi, berkendaralah secara aman dengan motor kesayangan Anda dan tetap patuhilah peraturan lalu lintas yang berlaku.
nahh jelas kan guys
tetapi ada juga kekurangannya yaitu kita kurang sopan kalau tidak mematikan lampu apalagi kalau masuk gang atau lorong kayak di makassar pasti kita sudah dimarahi sama orang, makanya demi hal tersebut saya membulatkan tekad untuk memberi saklar pada motor saya sekaligus saya rubah ke arus DC, karena lampu yang saya beli lebih cocok arus DC, nahh Untuk selengkapnya silahkan simak dibawah ini cara dengan langkahnya
1. Buka baut headlamp kiri
2. Baut bawah headlamp tempat saya pakai juga untuk pasang penyangga plat motor
3. Baut sebelah kanan juga, nahh jadi ada empat baut yang akan dilepas
pakai Obeng + yaa gan
4. Setelah dibuka jangan lupa untuk membuka soket lampu headlamp yang terhubung sama bohlam lampu supaya kita tidak terganggu dan switch sein jg yaa
5. Nahh, yang perlu diperhatikan Yaitu Cari Kabel warna kuning yang paling besar, nahh itu adalah kabel lampu utama seperti ini dan silahkan di potong supaya nanti kita bisa sambungkan dengan salah satu kabel saklar yang sudah disiapkan
6. Kemudian, buka switch rem yang warna hitam, untuk kabel saklar yang kedua diselipkan di switch rem disisi kabel yang warna coklat, ingat gan tidak di potong cuman diselipkan
seperti ini
kemudian sambungkan kembali switch remnya
7. Jangan lupa samnbungkan juga kabel saklar seperti contoh no.5, dengan kabel lampu utama yang warna kuning dan sisi lain yang terpotong usahakan untuk beri lakban secukupnya supaya tidak terjadi korsleting
penampakan yang sudah disambungkan dengan kabel saklar
8. Silahkan dipasang kembali socket lampu kekaki-kaki bohlam dan tekan dengan rapat
9. Ingat untuk saklar dipasang dimanapun sesuka hati, saya pasangnya disebelah kanan supaya mudah ketika mau dinyalakan karena kalau sebelah kiri, tangan kiri sudah fokus dengan kopleng, tetapi tergantung selerah sihh
10. Taaaaaa daaaa, lampu sudah nyala, tanpa harus di hidupkan mesin, cukup kontak dan on kan saklar, lampu langsung nyala,
Nahh, semua fitur untuk lampu semuanya berfungsi, jadi tidak ada kesalahan, silahkan dicoba gan bagi yang punya vixi dan mau dirubah AC ke DC untuk lampu depan, supaya kelistrikan stabil dan aki tidak cepat tekor
untuk video selengkapnya bisa dilihat dibawah ini
mohon pecerahanya.. kalo pake bojlam led 35 watt akinya tekor gak bang
ReplyDelete